5 Manfaat Kemangi Yang Jarang Diketahui Orang

Posted on

5 Manfaat Kemangi Yang Jarang Diketahui Orang – Siapa yang tak mengenal tanaman kemangi. Keberadaannya sudah familiar sekali di tengah-tengah masyarakat kita,selalu identik dengan warung pecel lele atau ayam. Sebab memang pada kenyataannya tumbuhan ini sering dijumpai berada di sana, di atas sepiring nasi yang disandingkan dengan lauk serta sepiring nasi hangat.

Menyantap makanan jadi berasa sangat nikmat sekali, jika ditemani dengan dedaunan kemangi tersebut. Namun bukan itu saja. Ternyata kemangi juga menyimpan ragam manfaat penting bagi kesehatan manusia itu sendiri. Seperti dilansir dari laman situs www.alodokter.com, inilah sejumlah manfaat atau ragam kebaikan yang wajib diketahui semua orang agar paham, tak sekadar menikmatinya saja.

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat menjadi masalah serius di wajah bagi mereka yang ingin selalu tampil cantik. Caranya dengan melumatkan daunnya hingga halus, kemudian dicampur bersama ekstrak jeruk, asam salisilat dan asam asetat. Selanjutnya dibalurkan ke muka yang terinfeksi.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kemangi mampu mencegah efek terjadinya luka lambung. Menurunkan kadar asam, serta meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Ada antiradang dan antibakteri, kini kemangi juga masih mengandung antivirus, antijamur dan pereda nyeri. Kombinasi itulah yang dipercaya mampu mengatasi infeksi luka. Tapi khusus bagian ini sepertinya masih memerlukan kajian yang mendalam lagi, bila diterapkan pada tubuh manusia.

  1. Mencegah stress

Wangi kemangi yang ditimbulkan secara alami dapat mencegah terjadinya stres. Pikiran merasa tenang dan nyaman, bisa lebih rileks. Selain itu juga mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu fisik tidak cepat merasa lelah.

  1. Antiradang dan antikanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh tanaman kemangi yang diduga dapat berperan mengatasi hal tersebut. Namun sayangnya, baru terlihat pada saat penelitian di laboratorium. Manfaat pada poin terakhir ini masih diteliti sampai sekarang.

Sedikit mengutip laman www.informasitips.com, beberapa zat yang berada pada tumbuhan yang bernama latin Ocimum Citriodorumini adalah : Vitamin K, A (dalam bentuk beta karoten), Vitamin E, B kompleks, C, mineral mangan, tembaga, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, sodium, zinc dan asam lemak omega-3.

Di samping itu adapula kandungan minyak volatil (mudah menguap) seperti : Estargole, linalool, sineol, eugenol, sabinene, myrcene dan limonene. Di mana zat-zat ini dalam tubuh dapat mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri seperti E coli, Listeria, Stafilokus, Yersinia dan Pseudomonas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *