Cara Mengatasi Anak Cacingan

Posted on

Cara Mengatasi Anak Cacingan – Anak cacingan merupakan hal yang wajar terjadi, namun keberadaannya juga tak boleh diabaikan begitu saja. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, akan mengganggu kesehatannya. Sari makanan yang seharusnya dimiliki sendiri buat perkembangan tubuhnya, menjadi terganggu dengan adanya cacing di sana.

Dan berikut dampak pada balita dan anak-anak yang terserang cacingan :

  1. Anak rewel dan nafsu makan berkurang
  2. Daya tahan menurun sehingga gampang terserang penyakit
  3. Menghambat pertumbuhan kecerdasan dan fisiknya
  4. Kurang berkonsentrasi saat belajar
  5. Badan kurus kering, pucat dan terlihat lemah
  6. Kulit kusam dan rambut rontok
  7. Mual, pusing dan ingin muntah serta gangguan pecernaan

Pada taraf yang mencemaskan bisa berakibat fatal. Yakni menyerang organ hati, sehingga bisa memicu terjadinya sakit lever. Demikian dikutip dari laman www.hellosehat.com.

Masih menurut situs tersebut, gejala awal cacingan bisa diperhatikan seperti ini :

  1. Kerapkali gatal di sekitar anus, terutama pada saat malam hari
  2. Gelisah tidur
  3. Nyeri atau ruam iritasi pada kulit
  4. Perut mulas, hampir mirip seperti yang diakibatkan tadi yang ditulis di atas.

Ada banyak jenis cacing, di antaranya :

  • Cacing kremi
  • Cacing tambang’
  • Cacing pita

Sebenarnya tak semua cacing berbahaya bagi tubuh. Beberapa bahkan ada yang diperlukan. Hanya saja kadarnya harus seimbang. Minum obat pembasmi cacing secara berkala. Minimal 6 bulan sekali sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Dan berikut cara mencegah terjadinya cacingan pada anak-anak :

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Mulai dari kaki dan tangan si kecil. Caranya adalah dengan mengajarkan cuci tangan dan kaki, sebelum melakukan aktivitas dan menggunakan sabun.

Rutin memotong kuku. Membersihkan kemaluan setelah buang air besar juga dubur dan segera cuci tangan sesudahnya. Dan jangan perbolehkan si kecil menggigit kuku, sebab kuman bisa masuk melalui cara demikian.

  1. Memasak dengan benar

Mematangkan bahan makanan secara sempurna. Jikapun harus mengonsumsi dalam keadaan mentah, maka harus dicuci sampai benar-benar bersih bebas dari kotoran yang menempel pada sayur serta buah. Terutama pada saat hendak makan daging mentah seperti sushi, maka pastikan tak ada cacing di dalamnya.

  1. Minum obat cacing

Seperti telah sedikit disinggung di atas tadi, bahwa meminum obat cacing secara teratur dan berkala juga perlu dilakukan. Bila masih merasa ragu, dapat berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Sebenarnya obat tersebut sudah bisa diberikan pada anak usia 2 tahun, karena pada saat itu anak sudah mengenal lingkungan bermainnya, dan kotor-kotoran sudah menjadi kebiasaannya sehari-hari, yang tak bisa dicegah dan dihindari. Oleh sebab itu yang seharusnya waspada adalah sang ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *