Cara Mengatasi Ibu Mertua Galak

Posted on

Cara Mengatasi Ibu Mertua Galak – Sesuai judul artikel ini kondisi demikian biasanya terjadi antara menantu perempuan. Namun meski begitu, tak menutup kemungkinan menantu laki-laki juga bisa mengalami hal serupa. Memang keadaan tersebut sangat menguras emosi, sehingga tak jarang menimbulkan tekanan batin tersendiri di hati.

Daripada melawan, jauh lebih baik mengalah. Apalagi bila pada kenyataannya masih tinggal serumah dengan dirinya. Dan berikut beberapa poin yang sebaiknya dapat dilakukan.

  1. Sabar

Sikap sabar menjadi salah satu faktor penting pereda terjadinya konflik yang ada. Menyadari kelemahan diri dan pasangan, jika memang kondisi keuangan belum memungkinkan memiliki rumah sendiri. Kalau mereka marah, menyindir ataupun protes, diamkan saja tak usah ditanggapi.

  1. Berusaha membuatnya gembira

Tak harus berupa materi. Dengan mencoba memahami hobi dan kemauannya itu sudah lebih dari cukup. Cobalah untuk sedikit meluangkan waktu bersamanya. Temani dirinya melakukan aktifitas menyenangkan. Siapa tahu dari sini ibu mertua lama-lama hatinya luluh dan mulai mengurangi sifatnya yang galak tersebut.

  1. Memasak menu kesukaannya

Salah satu trik memikat hati ibu mertua dalam hal lain, adalah dengan memasakkan menu kesukaannya. Semua ibu pasti memiliki menu favorit pada jenis makanan tertentu, yang sangat disukai. Nah, ambil bagian itu dan buatlah spesial untuknya.

  1. Memberinya hadiah

Tentu pemberian ini haruslah sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Bukan hendak itung-itungan, sebab walau bagaimanapun merawat mertua sudah menjadi kewajiban menantu. Akan tetapi bila kondisi keuangan juga sedang lemah, sebaiknya lebih bijak supaya tak menimbulkan masalah. Berikan yang simpel, namun tetap terkesan menghormati orang tua.

  1. Merawat dengan penuh kasih sayang

Telah sedikit disinggung pada poin nomor 4, dan memang pada kenyataannya demikian. Semua orang pastinya akan menjadi tua dan berdaya. Lalu setelahnya meminta dirawat anak-anaknya termasuk pula dalam hal ini juga menantu. Jadi suka tak suka, memberi perhatian serta kasih sayang tulus bisa dipilih guna meredakan pertentangan yang timbul.

  1. Berusahalah Mandiri

Pada umumnya rasa tak suka ibu mertua dipicu oleh keadaan kemandirian anak dan juga menantunya. Meski berat, tetap berjuanglah memperjuangkan kesejahteraan ekonomi. Supaya lebih dihargai dan tak dipandang sebelah mata. Apalagi jika awalnya dulu menikah tanpa restunya, perjuangan harus lebih ditingkatkan lagi jangan gampang menyerah membahagiakan anak yakni istri/suami yang telah bersamanya, serta menyenangkan hati ibu mertua.

Tak mudah memang, sebab faktanya nasihat merupakan teori. Akan tetapi bukan berarti berat sama dengan tak mudah dikerjakan bukan? Semua kembali kepada pribadi masing-masing yang menjalani.

Tak perlu berkecil hati. Masih ada anak-anak yang notabene merupakan cucunya. Dekatkanlah mereka pada sang nenek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *