Cara Menghemat Gas Elpiji Supaya Tak Cepat Habis

Posted on

Cara Menghemat Gas Elpiji Supaya Tak Cepat Habis – Kehabisan gas pas memasak memang menimbulkan kekesalan tersendiri ya, Mom. Secara kita lagi asyik-asyiknya serius mengolah makanan, eh tiba-tiba api kompor padam seketika. Beruntungnya bila punya gas pengganti di rumah, bila tidak bisa repot sendiri ‘kan?

Karenanya harus waspda dan harus selalu rajin mengecek ulang, menghitung hari di mana isi gas habis. Namun dalam artikel ini hanya membahas cara kita berhemat dalam penggunaan. Bukan tips mendapatkan gas pengganti.

Nah, bingung gimana triknya? Berikut mimin kasih tips yang bisa langsung Mom pratikkan sendiri di rumah.

  1. Rajin membersihkan kompor

Minimal 4 bulan sekali kompor harus sering dibersihkan, terutama pada bagian lubang yang mengaliri api. Harus hilang dari arang sisa pembakaran, bilamana pernah tertumpah bahan makanan yang pernah diolah. Api yang biru ditengarai sebagai yang baik dan hemat, ketimbang yang merah dan bernyala besar.

  1. Memakai peralatan stanless steel

Bahan tersebut dipercaya mampu mengantarkan panas yang baik daripada jenis alumunium. Memang jika dipikir harganya sedikit agak mahal. Namun bila hal tersebut dapat menghemat gas, kenapa tidak digunakan saja?

  1. Menggunakan ukuran perangkat yang sesuai

Perangkat yang besar tapi mengolah makanan sedikit, tetap berpengaruh pada hemat dan tidaknya gas pemakaian. Ia akan membutuhkan gas yang lebih besar pula, untuk meratakan perangkat supaya panas merata. Jika menyesuaikan secara otomatis dapat berhemat. Misalnya saat memasak dalam jumlah sedikit, maka perangkat yang dipakai, seharusnya kecil agar cepat panas dan matang.

  1. Perhatikan kualitas selang gas dan regulator

Harus yang sesuai dan berkualitas ya, soalnya akan berpengaruh sekali pada gas yang nanti keluar. Pilih yang bagus serta rapat, tidak renggang sehingga gas tidak bocor. Di samping gas cepat habis juga berpotensi gas meledak.

  1. Menyiasati cara memasak

Biasanya terjadi pada daging berikut tulang iganya. Memerlukan proses memasak yang banyak menyita waktu. Oleh sebab itu siasati dengan memakai pressure cooker, agar cepat matang dan lunak.

Sumber : www.boombastis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *