7 Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Mereka Menyesal Seumur Hidup

Posted on

Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Mereka Menyesal Seumur Hidup – Orang tua selalu punya tujuan baik mendidik putra-putrinya, menjadi orang-orang sukses kelak di kemudian hari. Terkadang mereka menerapkan pola asuh yang sangat ketat, terlalu disiplin demi kebaikan anak. Meski tak jarang menimbulkan beban batin tersendiri, bagi si anak tanpa mereka sadari.

Ironisnya, bila ada orang tua yang begitu peduli akan masa depan anaknya, di sisi lain justru terkesan membiarkan. Anak belajar mengenal mengerti dunia lewat caranya sendiri.

Dilansir dari laman www.id.theasianparent.com, setidaknya inilah 7 kesalahan dari orang tua yang akan membuatnya menyesal. Setelah Mom baca, semoga jangan sampai dilakukan ya!

  1. Jarang bicara kepada anak-anak

Tenggelam dalam kesibukan mencari nafkah, sehingga perkembangan anak baik di rumah ataupun di sekolah menjadi kurang terpantau orang tua. Dan ketika mendapat berita kurang menyenangkan dari pihak guru, baru menyesal. Ingat Mom pertumbuhan begitu cepat tanpa disadari orang tua. Tahu-tahu anak sudah dewasa, tapi mirisnya tak memiliki ikatan kuat tentang emosi dan keterlibatan fisik dengan orang tuanya.

  1. Lupa memeluk

Sebuah penelitian mengungkapkan, jika pelukan hangat dari orang tua mampu memberikan efek positif terutama dalam hal mental dan fisik. Jadi nikmatilah momen ini selagi mereka masih kecil, sebab bila telah dewasa kecil kemungkinan bisa terjadi lagi, karena mereka sudah menjauh mencari kehidupannya masing-masing.

  1. Tidak cukup dokumentasi mengenai dirinya

Semua peristiwa masa kecilnya adalah indah. Jangan sia-siakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan itu. Sebab tiba saatnya ingin mengenang tak cukup bukti dengan apa yang dilihat, karena kurangnya dokumentasi.

  1. Terlalu mengekang anak

Berekspetasi terlalu tinggi pada anak tanpa memandang kemampuannya, merupakan kesalahan yang sebaiknya dihindari orang tua. Sebab bisa memicu stres pada diri anak, jika tak bisa memenuhi. Jauh lebih baik melunak dengan cara memberi reward dan punishment, bila anak mampu berprestasi.

  1. Melewatkan momen penting kehidupannya

Terkadang ada momen yang dianggap sangat penting oleh anak yang ingin ditunjukkan kepada orang tuanya. Karenanya, sempatkanlah waktu meski sibuk untuk menikmati kebersamaan itu. Agar kelak jika mereka telah dewasa tidak menyesal.

  1. Mau menang sendiri

Anak cerdas tentu mempunyai pendapat dan jalan pemikiran sendiri. Sebagai orang tua yang bijak, selayaknya mendengarkan suara mereka. Bukannya menang sendiri, karena walau bagaimanapun anak tetap memiliki hak menentukan masa depannya, dan orang tua hanya berkewajiban mendukungnya saja.

  1. Tak berusaha membuat hati anak gembira

Anak yang tercukupi rasa bahagia dari orang tuanya akan mudah beradaptasi pada kehidupan. Orang tua yang baik tentu berusaha membuat anak-anaknya merasa demikian. Jadi selagi masih punya banyak kesempatan, sebaiknya para orang tua tidak menyia-nyiakan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *